Desain Kreatif dan Mudah bermodal Smartphone (Canva Tutorial)

141 total views, 2 views today

Ilustrasi Quote Menarik dengan Canva

Hari ini sudah jamannya Industri Kreatif, maka sebuah konten baik di website/blog maupun di social media akan semakin menarik jika disuguhkan dengan desain gambar yang menarik dan kreatif.

Lalu jika ditanya siapa yang suka desain? rata-rata menjawab suka semua, namun jika ditanya kenapa tidak membuatnya? mereka akan memunculkan bermacam-macam opini. Mulai dari alasan tidak sempat membuka komputer karena sibuk, kelompok ini masih beranggapan bahwa membuat desain yang kreatif harus lewat komputer atau laptop. Hingga alasan sulit karena tidak ada basic sama sekali, bahkan kelompok ini mengatakan untuk desain harus punya Skill khusus atau minimal harus kursus.

Nah, dengan semua permasalahan tersebut saya ingin menunjukkan beberapa karya Emak-emak yang sambil momong anak bisa membuat desain yang kreatif dengan mudah.

Bagaimana, menarik kan? Contoh diatas murni dibuat hanya dengan modal Smartphone yang InsyaAllah semua orang hari ini pasti memilikinya. Dengan kamampuan desain Like a Pro akan membuat Personal Branding atau Image dari Produk kita semakin meningkat. Dan aplikasi ini mampu mendesain lintas platform, mulai dari membuat Header Website (termasuk blog icbabywrap.com ini), Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Youtube, hingga membuat Poster atau Banner sebuah Event sangat memungkinkan.

Bagimana? Tentu sudah tidak sabar ingin membuatnya juga? Yuk langsung saja ikuti Tutorial Lengkap Canva dibawah ini:

Cari Aplikasi Canva di Google Playstore

1. Install Aplikasi Canva, caranya cukup buka Playstore dan ketik Canva di kolom pencarian, lalu setelah ketemu Aplikasi Canva (lihat gambar diatas) langsung saja klik Install.

Tonton video ini: Mau install Aplikasi Memori HP Penuh? Ini solusi Mudahnya.

2. Mulai Mendesain, wah serius semudah ini? Ya, saya faham betul bahwa emak-emak suka yang simple dan praktis, cukup install dan langsung edit, jadi dan publish. Enak tenan..

Mulai Mendesain dengan Canva

1. Buka Aplikasi Canva dan pilih template, setelah teman-teman sukses meng-install aplikasi Canva kita tidak perlu melakukan setting apapun. dan berikut tampilannya

Pada Gambar 1 bagian bawah ada 2 Tab Menu, yaitu Template dan Designs. Pada menu Template adalah 60.000 lebih pilihan template yang bebas untuk kita melakukan desain dari template yang sudah disediakan oleh pihak Canva. Dan pada menu Designs adalah daftar hasil karya yang sudah kita buat sebelumnya. Langkah awal memulai desain adalah sebagai berikut:

Di bawah Menu Explore Canva ada banyak pilihan apakah mau buat Instagram Post, Instagram story, Facebook cover, Youtube, Whatsapp story, Piterest, Twitter, dll. Dan kali ini kita pilih menu Instagram Post, klik saja logonya.

Gambar 2 akan terdapat banyak kategori pilihan dari Instagram Post, scroll aja kebawah dan kita pilih Travel Instagram Post sebagai pembelajaran.

Gambar 3 akan terdapat banyak template dari Travel Instagram Post, pilih saja yang ada tulisan Free alias Gratis, Emak-emak banget donk suka yang Gratis, hehe just kidding. Info: kalau yang ada logo Coin itu masuk kategori berbayar. Oke, kita langsung saja pilih yang Free, klik.

2. Mulai Editing, setelah dipilih template yang diinginkan bisa klik tulisan Edit dibawah template (lihat Gambar 4).

Gambar 5 bisa langsung klik tulisan yang ada dalam template, lalu satu persatu klik masing-masing tulisan dan edit dengan kata-kata yang kita inginkan.

Gambar 6 adalah hasil setelah kata-kata yang sudah diedit dengan kata-kata / quote sederhana. Kemudian klik gambar Panah Kebawah di pojok kanan atas.

3. Simpan Hasil Desain, tunggu proses simpan sesaat seperti tampilan pada Gambar 7. Dan pada Gambar 8 kita ditawari untuk Share ke Social Media dan klik Cancel saja. Kemudian Gambar 9 klik Go to your home page untuk kembali Tab menu Designs dan kita bisa melihat semua hasil karya kita seperti pada Gambar 10 di bawah ini.

4. Melihat Hasil Jadi, untuk melihat hasil jadi silahkan masuk ke Galery (Gambar 11) pada Tab Album dan masuk ke Album Canva. Pada Gambar 12 adalah daftar hasil Editing Canva yang secara default diurutkan berdasarkan waktu Editing. Dan ini dia Hasil Jadi Desain Kreatif dan Mudah dengan CANVA bermodal Smartphone.

Dan berikut adalah beberapa contoh Hasil Editing Canva yang sudah saya buat. Cocok bagi saya yang suka Kuliner dan juga bisa Banner Online shop juga loh agar tampilan Socmed / Promosi kita semakin Ciamik.

Wah gak terasa sudah panjang banget ya ^^ what’s next?

Saatnya Praktek!

Alhamdulillah, selesai sudah tutorial singkat ini, untuk selebihnya kita lanjutkan ke Group Belajar Bareng ya. Dan buat Anda pengunjung website ini silahkan drop komentar jika ada yang ingin ditanyakan. Harapan saya semoga teman-teman bisa langsung Praktek, karena dari praktek ke praktek akan membuat kita semakin terbiasa mendesain dengan baik.

Dan jika sudah di upload silahkan Tag Instagram saya di @vivianwahab dan FB saya di : https://www.facebook.com/vivikecil

Profil Penulis

Perkenalkan saya Vivian Wahab atau sering disebut Bunda Aisy. Seorang Muslimah Preneur dengan produk Legging, Manset dan Hijab Anak @bunda_aisy.

Juga seorang Manager dari Kak Ale @PendongengMalang. Untuk kerjasama / event bisa menghubungi kontak kami via WA: 0856.3544.862 (klik)

Semoga bermanfaat

Malang, 10 Oktober 2019

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *