Menu
Catatan Seorang Ibu Dua Anak

Peduli Nutrisi Pencernaan Anak di Masa Pandemi

  • Bagikan
Peduli Nutrisi Pencernaan Anak di Masa Pandemi
Konferensi Virtual Peduli Nutrisi bareng Morinaga Chil*Go!

Kami termasuk orang tua yang Peduli Nutrisi Pencernaan Anak, jadi pada tanggal 25 Maret 2021 kemarin kami mengikuti Konferensi Pers bersama Morinaga Chil*Go! secara virtual (online) dengan tema Peduli Gizi Anak Selama Pandemi, yang menghadirkan 3 Pembicara, yaitu dr. Daeng M Faqih, S.H., M.H., (Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI)), dr. Muliaman Mansyur (Head of Medical KALBE Nutritionals), Chef Devina Hermawan (Finalis MasterChef Season 5).

Peduli Asupan Nutrisi untuk Memperkuat Daya Tahan Tubuh Sang Buah Hati

Memberi perhatian dan perlindungan kepada anak merupakan kewajiban setiap orang tua, apalagi di masa pandemi. Daya tahan tubuh anak belum sempurna sehingga mudah terpapar virus dan penyakit. Para orang tua tetap perlu melakukan upaya-upaya agar buah hati terhindar dari virus COVID-19, dan diharapkan untuk terus memantau asupan nutrisi bagi buah hati agar tubuh mereka sehat dan memiliki daya tahan yang kuat.

Ada paparan beliau yang saya ingat pada waktu itu, yaitu:

Daya tahan tubuh anak berkaitan erat dengan pemberian nutrisi harian dan pola pengasuhan keluarga. Tentunya kesehatan keluarga ini juga tidak terlepas dari peran para dokter yang ada dalam memberikan edukasi dan pelayanan kesehatan terhadap keluarga, termasuk untuk anak-anak.

dr. Daeng M Faqih

Beliau juga menghimbau agar menjaga Pola makan seimbang yang terdiri dari nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral) dikombinasikan dengan pola hidup bersih sehat (PHBS) seperti rajin cuci
tangan, menghindari keramaian, memakai masker, tidur cukup, tetap beraktivitas fisik, serta stres rendah, paling efektif membantu tubuh melawan infeksi virus dan penyakit. Hal ini sama pentingnya untuk orang dewasa maupun anak-anak, apalagi dalam situasi saat ini. Oleh karenanya para orang tua dan anggota keluarga perlu memperhatikan dengan benar-benar pemenuhan nutrisi dan juga aktivitas anak sehari-hari.

Nutrisi Tambahan Peningkat Daya Tahan Tubuh

Pembicara selanjutnya yaitu dr. Muliaman Mansyur, selaku Head of Medical KALBE Nutritionals, beliau memaparkan bahwa, Orang tua perlu benar-benar memperhatikan nutrisi harian anak di masa pandemi ini. Selain memberi makanan sehat dan seimbang, orang tua juga perlu memberikan nutrisi tambahan yang tepat karena dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Nutrisi tambahan yang diberikan bisa berupa susu, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Dan semua nutrisi ini diperlukan untuk mendukung saluran pencernaan yang lebih sehat, agar bakteri baik yang ada di dalamnya bisa membentuk daya tahan tubuh yang lebih optimal. Dalam memberikan nutrisi harian serta nutrisi tambahan untuk anak, perlu diperhatikan juga kandungan gulanya sehingga tidak berlebihan.

Hal ini dikarenakan jika anak-anak kelebihan asupan gula, akan menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, permasalahan pada gigi, obesitas, dan berbagai penyakit di masa depan. Adapun berdasarkan rekomendasi World Health Organization (WHO) tahun 2015, asupan harian gula tambahan untuk anak usia di bawah 12 tahun maksimal 200 kkal, yang setara dengan 50 gram gula atau 6 sendok makan/hari.

Kreasi Masakan dan Launching Produk

Menurut Chef Devina sebagai seorang Ibu Rumah Tangga yang peduli nutrisi pada anak, ternyata untuk memberikan nutrisi harian itu sangat penting, mulai dari pemilihan bahan hingga cara mengolahnya. Selain itu, nutrisi tambahan seperti susu juga Chef Devina berikan untuk anaknya supaya membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan anak sehingga dapat memperkuat daya tahan tubuh anak.

“Saya memberikan Morinaga Chil*Go! untuk kedua anak saya dalam menu makan harian mereka dan rasanya pun sangat mereka sukai,” kata Chef Devina. Selain itu, agar anak tidak bosan dengan menu makanan harian, Chef Devina pun menggunakan keahliannya untuk membuat kreasi berbahan dasar Morinaga Chil*Go! yang dia sebut sebagai resep immunobooster. Di dalam acara press conference tersebut, Chef Devina sempat menunjukkan 2 resep makanan bergizi kreasinya yang berbasis Morinaga Chil*Go! yaitu Less Sugar Panna Cotta dan Creamy Baked Broccoli Potato Cheese.

Launching: Gregorius Daru Smaragiri dan Lina Sen
Launching: Gregorius Daru Smaragiri dan Lina Sen

Dalam kesempatan yang sama, untuk mendukung nutrisi tambahan harian anak, KALBE Nutritionals dan Morinaga memperkenalkan Morinaga Chil*Go! rasa Original yang saat ini telah terdistribusi di pasaran. Terlihat di foto, Gregorius Daru Smaragiri, Business Unit Head Morinaga ChilGo! KALBE Nutritionals dan Lina Sen, Brand Manager Morinaga ChilGo! Membahas kelebihan Morinaga Chil*Go! Liquid Rasa original yang mengandung serat pangan inulin, 9 vitamin dan 5 mineral yang mampu menstimulus daya tahan tubuh anak.

Untuk website bisa kunjungi di https://morinagaplatinum.com/id dan follow juga Instagramnya di : @morinagaplatinum agar bisa mendapatkan update info terkait produknya, karena kami merekomendasikan produk Morinaga Chil*Go! sebagai susu cair anak yang menjadi nutrisi tambahan untuk jaga daya tahan tubuh anak terutama selama masa pandemi.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: Jangan Remehkan Sariawan, Baca ini!

 57 total views,  1 views today

Print Artikel ini

  • Bagikan

Respon (4)

  1. Bener nih, urusan pencernaan anak biasanya lebih sensitif daripada orang dewasa
    Makanya harus pintar-pintar memilih semua makanan dan minuman yang dikonsumsi
    termasuk pilihan susunya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Konten ini dilindungi Hak Cipta (Copyright), tidak perlu di Copy! Terimakasih!