Menu
Catatan Seorang Ibu Dua Anak

Sariawan? Jangan Remehkan! Konsultasikan ke Dokter

  • Bagikan
Referensi Sariawan Dan Solusinya
Ilustrasi: Sariawan (pic by. Halodoc)

Berikut adalah artikel lengkap mengenai : “Sariawan? Jangan Remehkan! Konsultasi Dokter Jika Begini”, selamat membaca.

Aktivitas sehari-hari membuat kita terkadang menjadi kurang aware terhadap kondisi tubuh kita. Sehingga berdampak kepada kesehatan karena kesibukan membuat kita menjadi sembarangan dalam memasukkan asupan makanan kedalam tubuh. Belum lagi saat memanjakan lidah dengan berbagai makanan gorengan yang memang aduhai lezatnya bagi sebagian orang. Maka bersiap-siap merasakan imbasnya atas aktifitas makan yang tidak “Clean” tersebut.

Dampak Makan Sembarangan

Hal paling sering terdampak adalah mulut kita sebagai gerbang awal masuknya makanan. Peradangan di dalam mulut yang diiringi rasa nyeri, atau lebih umum kita kenal dengan sebutan sariawan, pasti akan menyusahkan aktivitas kita jika itu sampai terjadi.

Dan sariawan ini bisa dialami oleh siapa saja, berikut adalah beberapa faktor yang bisa memicu munculnya masalah mulut tersebut, antara lain: kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik, kekurangan vitamin B dan zat besi, aktif mengkonsumsi antibiotik, menggunakan obat-obatan yang bisa menurunkan produksi air liur, sistem kekebalan tubuh yang menurun, makan goreng-gorengan berbahan tepung.

Sariawan, Gejala dan Pencegahannya

Dari pengalaman pribadi sariawan ini cukup unik, karena tidak akan langsung terasa sakit diawalnya, tetapi akan berkembang secara perlahan dengan gejala yang bisa saja disadari atau tidak disadari. Diantaranya adalah sebagai berikut: sensasi rasa terbakar pada lidah, terkadang bagian dalam mulut berwarna merah, juga rasa tidak nyaman saat menelan makanan (bahkan ludah sekalipun).

Gejala lain yang bisa dirasakan adalah rasa tidak nyaman dalam mulut dan terdapat luka berwarna putih yang muncul di lidah. Sebagian yang lain juga mengalami pendarahan ringan yang terjadi saat tergores atau tergigit bagian dalam mulut saat aktifitas makan.

Lalu bagaimana cara pencegahannya agar tidak sampai atau meminimalisir terjadinya sariawan? Tentu banyak hal jika kita melihat deretan gejala diatas, diantaranya makan dengan seksama dan tidak tergesa-gesa agar tidak sampai tergigit bagian dalam mulut kita. Berhenti melakukan aktifitas tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol juga dapat menjaga mulut kita dari ancaman sariawan.

Merawat gigi dengan cara membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss atau benang gigi dan rutin memeriksakan kondisi mulut ke dokter gigi juga bagus. Karena itu bagian dari menjaga kebersihan mulut, bisa juga dengan membatasi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi. Dan bagi yang menggunakan gigi palsu harus rajin merawat dan menjaga kebersihannya.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kapan Sebaiknya Harus ke Dokter?

Kita harus segera mengunjungi dokter jika sudah mengalami sejumlah gejala sariawan tingkat lanjut dari gejala awal diatas, diantaranya: sariawan di mulut sudah berukuran besar dan tidak biasa lagi, sariawan terus bertambah banyak titik peradangannya (tidak hanya satu tempat). Kemudian jika mengalami rasa nyeri tidak kunjung membaik meskipun sudah minum obat penghilang nyeri juga harus segera ke Dokter. Apalagi kalau sariawan sudah berlangsung lebih dari dua minggu dan tidak sembuh maka itu Red Alert untuk tidak ada alasan lagi menunda pergi ke dokter.

Konsultasi Sariawan halodoc banner
Konsultasi Sariawan di Halodoc

Manfaatkan Layanan Konsultasi Halodoc

Kondisi kenormalan baru setelah masa Pandemi seperti ini membuat kita seperti Simalakama, dirumah saja tapi kita butuh penanganan dokter, mau keluar ada peraturan PSBB yang harus dipatuhi, sedangkan sebagian dari kita belum tahu tempat yang rekomendasi untuk mengatasi keluhan kita untuk mencari Obat Sariawan. Untung sekarang ada aplikasi Halodoc yang memudahkan kita melakukan konsultasi atas segala keluhan kita di bidang kesehatan. Tentu ini sangat praktis karena kita tinggal install aplikasi Halodoc di Smartphone kita dan kita langsung bisa memanfaatkannya tanpa pakai ribet.

Mudah dan Solutif, karena setelah konsultasi kita bisa mendapatkan penanganan yang direkomendasikan terkait Obat maupun Rumah sakit rujukan jika diperlukan. Jadi ini sangat efisien, karena menghemat waktu kita untuk keluar dan mencari-cari sesuatu yang kita belum tahu kepastiannya. Dengan Halodoc kita dipermudah dan mendapat rekomendasi dari ahlinya.

 39 total views,  1 views today

Print Artikel ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Konten ini dilindungi Hak Cipta (Copyright), tidak perlu di Copy! Terimakasih!