Inilah Manajemen Stress dikala Pandemi

Inilah Cara Manajemen Stress dikala Pandemi
Tetap Semangat Berbagi Manfaat

Di saat Pandemi / Wabah seperti ini memang menjadi sebuah masalah tersendiri bagi sebagian banyak orang. Bukan hanya masalah materi yang membuat semua orang menjadi khawatir, ternyata masalah pola hidup yang 180° berubah ini juga menjadikan sebagian besar dari mereka mengalami Stress.

Stress adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi suatu Ancaman, Tekanan atau suatu perubahan tertentu. Dan Stres ini bisa menyebabkan seseorang mengalami perasaan putus asa, marah, gugup, optimis, semangat. Tergantung bagaimana fikiran dalam merespon semua kejadian tersebut.

Baca juga: Belajar Survive di kala Pandemi

Studi Kasus

Seorang pengusaha Fashion merasa Stres karena perusahaan nya terkena dampak Wabah Corona ini, pemasukan merosot tajam namun tagihan harus tetap dibayarkan. Takut, panik dan khawatir, itu semua perasaan wajar yang disebabkan oleh kejadian yang sedang menimpanya. Di sisi lain, seorang pengusaha Restoran juga sempat stress karena dampak Wabah ini, namun setelah memutar Ide untuk membuka layanan Pre-order dan On-line. Hari ini beliau sampai kuwalahan melayani permintaan pasar yang masuk, banjir order.

Dari sini kita belajar bahwa dengan kejadian apapun dan dalam kondisi apapun, kita dihadapkan pada dua pilihan. Mau pilih menyerah dan kalah, atau pilih berjuang dan menjadi pemenang. Maka, artikel kali ini kami akan share beberapa hal yang bisa kita lakukan agar bisa memanajemen Stress di saat Pandemi Corona ini.

Seminar parenting, Pacaran halal setelah menikah
Senantiasa berkolaborasi: Pacaran Halal setelah Menikah

4 Hal untuk Manajemen Stres di Kala Pandemi

  1. Berkebun
    Bagi kami, terutama saya dalam bercocok tanam adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Saya begitu senang saat bertemu tumbuh-tumbuhan yang semakin hijau, saya menyapanya setiap pagi hari. Dan makin excited saat menyaksikan kupu-kupu beterbangan diantara bunga-bunga kertas yang berderet di depan pagar rumah kami.
  2. Memasak
    Mengeksplorasi resep-resep masakan di internet dan memasak bareng keluarga adalah sebuah kebahagiaan juga. Kemudian mendokumentasikannya dan meng-uploadnya di YouTube, Alhamdulillah ternyata ada banyak yang mencari resep-resep yang sudah kami tayangkan di channel YouTube kami, Keluarga Wijaya (silahkan Subscribe ya). Senangnya bisa bermanfaat bagi orang lain.
  3. Berbagi Ilmu
    Alhamdulillah, kuliah di jurusan Pendidikan membuat kami sangat cinta untuk berbagi atas ilmu yang sudah diberikan kepada kami, baik ilmu dari yang sudah kami ikuti di pendidikan (formal dan non formal), maupun ilmu dari pengalaman. Mengajar Online sejak masa Pandemik ini menjadi sangat familiar, gayung bersambut. Sharing Tips Bahasa Inggris, Tips Bisnis, hingga seputar Parenting dan Home Schooling juga kami sharing kan di kelas-kelas online seperti WhatsApp, Instagram dan Zoom.
  4. Blogger dan Influencer
    Menulis bagi saya adalah Self Healing alias menjaga kewarasan diri, tentu kita tahu bahwa setiap wanita punya fitrah untuk berbicara 20.000 kata setiap hari, dengan menulis bisa membantu menghabiskan jatah kata yang keluar melalui lisan. Dan makin semangat saat ada banyak Job masuk seiring pertumbuhan jumlah Subscriber dan Followers di Sosial media kami. YouTube dengan 8k Subscriber dan Instagram dengan 10k Followers, dan terus bertambah, membuat beberapa Brand kecil dan Besar kepincut untuk mempromosikan produk mereka di tempat kami. Artinya, aktivitas menyenangkan ini mampu menghasilkan juga, ibaratnya hilang stres plus bonus dapat cash.
Optimasi Instagram DapurBundaAisy
Hampir 2K: Hasil Optimasi Instagram @DapurBundaAisy

Senantiasa Terus Belajar

Bertemu banyak influencer profesional lainnya membuat saya juga nyemplung belajar teknik optimasi Social Media Instagram pada tingkat lebih Expert lagi. Hingga terbentuklah sebuah kelas yang saya Inisiasi dengan nama Mom Blogger Preneur, yang didalamnya kami belajar bersama tentang optimasi mulai dari cara Organik hingga Berbayar untuk meningkatkan Engagement Rate Social Media Instagram dan Blog kami. Saya sangat menikmati aktifitas ini, dan dengan melihat pertumbuhan Followers para rekan-rekan di kelas yang semakin melejit itu adalah hal yang sangat menyenangkan bagi saya.

“Bunda terimakasih ya, akhirnya IG-ku pecah telur lho, sudah 5K Followers”, celetuk salah satu peserta. “Bunda followerku naik dan Alhamdulillah aku dapat tawaran Job di IG”, dan lain sebagainya yang itu bisa saja bagi sebagian orang adalah sederhana namun menyenangkan di mata saya. Senang saat melihat para Emak begitu antusias dalam mewarnai dunia Sosial Media dengan Foto, tulisan dan hal-hal lain yang positif. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa di era sekarang ini Sosial Media sudah menjadi kebutuhan, dan tugas kita adalah memberikan peran konten positif dan mengingatkan agar sebagai penyeimbang ‘liar’nya konten vulgar di luar sana.

Jadi keyword kita hari ini adalah:

“Temukan Pasion Anda, Optimasi Pasion Anda, dan Raih Hasilnya seiring dengan Bertumbuhnya Kebahagiaan atas apa yang Anda capai”

Semoga Bermanfaat dan Tetap Semangat.

Malang, 11 juni 2020

@vivianwahab

*Bagi yang tertarik ikut kelas optimasi instagram silahkan kontak Whatsapp Admin ya.

WA: 0895367091170 (klik)

 174 total views,  1 views today

7 comments

  1. Awalnya senang karena libur panjang, panjang sekali. Namun setelah dijalani baru beberapa hari mulai terasa ada kejenuhan, stres, sensitif dll
    Betul kata @Vivian Wahab pemateri expert 2 bahwasanya penting sekali ilmu tentang manajemen stress agar hidup tetap optimis, semangat, berjuang dan menjadi pemenang.
    Pertanyaan:
    Kadang saya merasa berjuang sendiri, sementara orang lain cuek dan akhirnya menyerah dengan keadaan.
    Bagaimana agar saya bisa meyakinkan mereka berjuang bersama dan menjadi pemenang?

  2. Masyaallah bunda vivian selalu luar biasa ilmunya, saya tertarik ikut kelas optimasi ig selesai mop ini insyaallah

  3. Makasih bunda.. Materinya is ok. Selalu ada jalan keluar saat ada masalah. Ketika kita berinopasi Allah berikan kemudahan yg penting optimis dan tetap.. Semangat yah.. Kunci suksesnya

  4. Masyallah terimakasih ilmunya Sangat bermanfaat dan pandemik membuat menjadi kreatif dalam segala bidang

  5. Barakallah fiik bunda,telah membuka cakrawala berpikir saya,memang selama kita hidup masalah tidak akan pernah lepas,dan kita tidak boleh menyerah dengan masalah ataupun kesulitan yang datang,kita harus berusaha untuk mencari solusi dan setelah itu baru tawaqal sama Allah.

  6. Setuju banget bunda
    “Temukan Pasion Anda, Optimasi Pasion Anda, dan Raih Hasilnya seiring dengan Bertumbuhnya Kebahagiaan atas apa yang Anda capai”

    Saat seseorang sudah menemukan Pasionnya, menjalani dengan bahagia, insya’Allah semua potensinya bisa berkembang optimal dan hasil maksimal.

    Terimaksih banyak Bunda.. semoga ilmunya semakin berkah bunda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *